KABAR BURUNG BAGI KEMATIAN

Suhu Omtatok

oleh : Suhu Muhar Omtatok

Sehari sebelum kakek saya meninggal dunia, burung gagak terbang hilir mudik diatas rumah kami. Suaranya terasa tiada jeda. Firasat seperti ini sudah menjadi lazim di suku kami dan selalu dikaitkan dengan warta kematian. Esoknya ada utusan memberi khabar kematian kakek, maklum saat itu belum ada handphone untuk memberi kabar secara cepat.

Tetangga saya lain lagi, ketika kematian suaminya, ia menangis menahan raungan. Maklum, meraung di depan mayat menurut keyakinannya adalah sebuah kepantangan yang diyakini sebagai simbol ketidak ikhlasan dan mempersulit jalan baru bagi si mati. “Wo alah, Mas. Bapak tidak ada sakit parah, ia cuma  flu. Pantas semalan Burung Perenjak dan burung wiwik di pohon waru depan rumah terus berkicau”, sahut Si Ibu tetangga saya saat menceritakan muasal kematian suaminya kepada saya yang turut melayat. Cuma karena flu, saat itu belum ada flu burung, flu babi tapi sudah ada flu cinta. Seekor burung perenjak dan burung wiwik diyakininya sebagai pembawa warta kematian sang suami.

Julius Caesar ,100 SM-44 SM seorang pemimpin militer dan politikus Romawi, Augustus, 63SM-14M, pendiri empirium Romawi. Pada 192 M Kaisar Marcus Commodus Aurelius Augustus terbunuh disebuah permandian (bath house) oleh seorang Gladiator asal Carthago Nova(Spanyol), dan Agrippa menjadi Raja Yudea yang memerintah dengan cukup baik. Pada tahun 44 Agrippa wafat dan digantikan putranya Agrippa II yang masih anak-anak. Semua kematian tokoh-tokoh Romawi ini diwartakan oleh burung hantu yang hadir berhari-hari.

Burung hantu selalu dikaitkan dengan berbagai mitos yang menyeramkan. di India suara burung hantu juga bisa menjadi warta akan datangnya kematian. Walau burung hantu juga mashur sebagai penyembuh sakit jantung. Sementara itu di Yunani lain lagi, kalau ada burung hantu yang terbang mengitari pasukan yang tengah berperang, maka pasukan itu dijamin bakal menang.

Kemampuan burung untuk memberikan warta kematian bisa saja dimuasalkan dari kemampuan hewan ini  dalam menangkap Frekuensi Gelombang Bunyi yang tak mampu tertangkap oleh manusia. Tapi inilah mitologi yang berkembang dan yang pasti ajal adalah kuasa mutlak Sang Empunya Maha, tidak bisa diundur dan tiada bisa dimajukan oleh mahluk karya-Nya.

One response to “KABAR BURUNG BAGI KEMATIAN

  1. Wow, ulasan yang bagus nih. Biasanya itu mitos orang jawa kan? Tempat saya dulu juga kalau malam selalu ada burung hitam yang bertengger di pohon. Tapi sekarang tak tahu ke mana burung itu… Sepertinya sudah tiada

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s